Virus Komputer : Penumpang gelap komputer kita


Tampaknya kita lebih akrab dengan virus ini dibandingkan virus dalam pengertian konvensional. Saking seringnya kita berurusan dengan virus komputer, setiap orang jadi memiliki definisi sendiri tentang virus.

Dari pembicaraan sehari-hari tentang subyek ini, berkembanglah mitos-mitos tentang virus yang kadang mendekati benar tapi tidak sedikit yang terkesan spekulatif bahkan paranoid.

Lalu apa sebenarnya virus komputer itu? Virus dapat didefinisikan sebagai program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Kemudian Darimana virus komputer berasal? Virus komputer tidak muncul dengan sendirinya, ini berbeda dengan sifat virus mikroskopik. Virus komputer dibuat oleh seorang atau sekelompok programmer dengan menggunakan berbagai bahasa program, mulai dari bahasa tingkat rendah (low level language) hingga bahasa program tingkat tinggi (high level language). Dalam hal ini sering kita dengar bahwa virus dibuat sendiri oleh perusahaan-perusahaan antivirus agar program mereka laku. Mitos ini sepertinya kurang tepat. Secara individu mungkin pembuat anti virus pernah membuat virus. Namun kelahiran virus sendiri telah ada jauh sebelum perusahaan antivirus seperti Mc Afee, Norton Anti Virus ada.

Pekerjaan membongkar (Decriptif) serta membangun algoritma program untuk menghentikan sebuah virus komputer lebih sulit dari membuat virus itu sendiri, bahkan hingga saat ini banyak virus yang belum di temukan metode pencegahaan nya secara efektif. Dengan perkembangan berbagai varian virus yang begitu intensif, strategi membuat virus dan antinya tampaknya merupakan tindakan membuang sumber daya yang tidak perlu. Belum lagi dampak hilangnya kepercayaan terhadap perusahaan itu jika skandal ini diketahui publik.

Apa motif para pembuat virus?. Ada banyak motif, ada yang sekedar memuaskan ego pribadi, pelampiasaan kekecewaan, belajar, atau untuk tujuan-tujuan yang lebih besar seperti memenangkan perang (diterapkan dalam perang teluk) dan sebagainya.

Bagaimana cara kerja virus?Ada banyak metode penyebaran virus, pada umumnya virus memanfaatkan memory komputer (resident) untuk untuk menunggu media penyimpan yang terhubung baik pada komputer host atau yang terkoneksi kejaringan. Ketika program virus mendeteksi sebuah media target, ia segera menduplikasikan dirinya sehingga media itu menemukan media lain yang dapat ditulari.*