merakit pc game+internet rumah Merakit PC + Internet rumah


BILA Anda seorang yang awam dengan masalah komputer, tetapi memiliki hobi mengutak-ngatik peralatan elektronika, mencoba untuk merancang dan merakit komputer PC sendiri adalah sebuah petualangan yang sangat mengasyikkan. Anda harus merancang terlebih dulu sebelum mulai merakit karena harus menentukan komponen apa yang harus dibeli, agar hasil kerja nantinya sesuai dengan kebutuhan.Untuk merancang sebuah komputer baru, perlu memperhatikan beberapa komponen utama, seperti prosesor, motherboard/mainboard, memori (RAM), harddisk (HDD), CD/ DVD, kartu grafis (video graphics), kartu suara (sound card), I/O ports, dan sistem operasi seperti Windows yang sangat populer.
Beberapa komponen lainnya seperti monitor, keyboard, mouse, speakers, dan modem lebih bersifat umum, karena tidak perlu dirangkai menjadi satu kesatuan, dan dapat disebutkan sebagai komponen eksternal. Untuk monitor, tinggal menentukan ingin membeli monitor dengan berbagai ukuran menggunakan teknologi CRT atau LCD.
Sedangkan untuk keyboard pada umumnya sama, hanya saja sekarang sudah banyak beredar multimedia keyboard yang memiliki fasilitas tambahan untuk memudahkan akses ke jaringan Internet dan lain sebagainya. Untuk pilihan mouse, bisa memilih mouse dengan teknologi bola (wheel) yang masih menggunakan kabel atau wireless mouse yang tidak perlu menggunakan kabel lagi.
Pilihan pengeras suara, bisa menggunakan active speakers biasa dengan sepasang pengeras tanpa sub-woofer, maupun pengeras suara dengan sistem 5-1 (artinya satu sub-woofer dan 4 satelit speaker) bagi keperluan musik maupun game. Pilihan modem juga cukup bervariasi, selain internal atau eksternal modem yang langsung dihubungkan ke jalur telepon, kini juga telah mulai dipasarkan modem ADSL yang mengharuskan berlangganan ke MMA AstiNet (milik Telkom).
Dalam merancang sebuah komputer, perlu menentukan terlebih dulu komputer yang akan dirancang ini akan digunakan untuk keperluan apa. Untuk keperluan dasar (basic computing) seperti untuk membaca e-mail, berselancar di jaringan Internet dan pengolah kata (word processing). Untuk keperluan pendidikan atau keluarga, di mana komputer Anda harus mampu menjalankan software pendidikan.
Atau, untuk keperluan fotografi digital di mana Anda dapat melakukan retouch, mencetak, dan berbagi foto ke rekan-rekan Anda melalui kemampuan PC Anda. Untuk keperluan musik dan video, komputer yang dirancang harus sanggup untuk mengoperasikan file-file musik dan video yang ukurannya sangat besar. Atau, untuk bermain online-game, agar permainan benar-benar tampak begitu hidup, karena Anda bisa bertanding melawan teman yang berada di lokasi lain.
Prosesor
Untuk menentukan pilihan prosesor, kita dapat memilih dari dua raksasa industri prosesor, yaitu Intel atau AMD, meskipun masih ada beberapa pilihan prosesor lainnya seperti Cyrix atau Motorola, tetapi lebih sulit dijumpai di pasaran. Apabila ingin memilih prosesor berbasis Intel, pilihan kecepatan yang harus diperhatikan mulai dari Celeron untuk value-PC, Pentium III (yang sudah mulai jarang didapat di pasaran) hingga Pentium 4 dari kecepatan 1,70 hingga 3,06 GHz.
Untuk prosesor Celeron ada dua jenis, yaitu dengan bus 100/133 MHz (Celeron 1,2 GHz) atau 400 MHz (Celeron 1,7 GHz ke atas). Untuk prosesor Pentium 4 ada yang menggunakan bus 400 MHz (seperti prosesor berkecepatan1,60-2,60 GHz), bus 533 MHz (kecepatan 2,26-2,80 GHz), dan yang terakhir teknologi hyper-threading (berkecepatan 3,06 GHz). Sedangkan untuk prosesor AMD, ada pilihan dari tipe Duron, Athlon, hingga Athlon XP.
Setelah menentukan pilihan prosesor, diikuti dengan pilihan jenis motherboard/mainboard yang harus serasi dengan prosesor yang Anda pilih. Hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih motherboard adalah chipset yang terpasang pada motherboard tersebut, karena akan sangat berpengaruh pada pemilihan jenis memori (RAM).
Saat ini yang beredar di pasaran adalah jenis SDRAM, DDR SDRAM, dan RDRAM. Kapasitas memori yang akan dipakai juga sangat bervariasi mulai dari 128 MB hingga 1 atau 2 GB, tergantung dari kemampuan masing-masing motherboard. Peningkatan memori didasarkan pada besaran yang dimulai dari 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, hingga 2 GB. Saat ini ada tiga pilihan chipset yang populer, yaitu Intel, SiS, dan VIA. Bila pilihan prosesor, motherboard, chipset dan memori telah ditentukan, tinggal melengkapi dengan pilihan chassis, heatsink, dan power supply yang sesuai.
Memilih perangkat
Berikutnya adalah menentukan besarnya kapasitas harddisk yang dibutuhkan. Ada dua jenis harddisk (HDD) masing-masing EIDE dan SCSI. Untuk keperluan pemakaian di rumah, lebih lazim menggunakan HDD EIDE, sedangkan HDD SCSI lebih banyak digunakan untuk pemakaian di kalangan bisnis. HDD EIDE yang ada di pasaran saat ini mulai dari kapasitas 20 GB hingga 120 GB. Dari segi kecepatan putar per menit (rpm), HDD masih dibedakan antara kecepatan putar 5,400 rpm dan 7,200 rpm.
Komponen yang tidak kalah pentingnya dalam perancangan ini adalah pemilihan pemakaian CD ROM Drive, DVD ROM Drive, CD R/W, atau DVD R/W. Perangkat CD ROM berfungsi untuk memutar piringan CD atau VCD. Perangkat DVD ROM berfungsi untuk memutar piringan DVD, sedangkan CD R/W berfungsi untuk memutar cakram CD atau VCD dan melakukan perekaman pada cakram CD atau VCD.
Sedangkan DVD R/W berfungsi untuk memutar piringan DVD dan melakukan perekaman pada cakram DVD. Bila Anda hanya ingin memanfaatkan komputer untuk keperluan dasar, CD ROM Drive sudah cukup, untuk pendidikan/keluarga menggunakan CD ROM atau DVD ROM adalah pilihan yang tepat. Sedangkan untuk keperluan fotografi digital, musik dan video, serta game, lebih baik bila dilengkapi dengan CD R/W atau DVD R/W.
Pemilihan kartu grafis berkualitas tinggi sangat diperlukan bagi Anda yang ingin memanfaatkan komputer untuk keperluan fotografi digital, musik, dan video serta game. Sedangkan yang hanya ingin menggunakan untuk keperluan dasar dan pendidikan/keluarga, menggunakan kartu grafis yang terintegrasi di motherboard adalah pilihan yang paling bijaksana. Hanya saja perlu diketahui, kartu grafis terintegrasi lazim mengurangi kapasitas memori terpasang, karena sebagian digunakan sebagai video memory.
Demikian pula halnya pada pemilihan kartu suara. Pada pemanfaatan yang sederhana, pemilihan kartu suara yang terintegrasi di motherboard atau lazim disebut sebagai sound audio sudahlah memadai. Sedangkan bagi yang tergolong audiophile, menggunakan kartu suara setara dengan Turtle Beach Santa Cruz adalah suatu pilihan yang tepat.
Mengikuti teknologi
Bagi Anda yang selalu ingin mengikuti teknologi, pemilihan I/O ports dengan teknologi baru mutlak harus dicermati. Bagi Anda mutlak harus memilih yang sudah mengadopsi teknologi multiple USB 2.0, sedangkan bagi Anda yang sangat sensitif terhadap harga, pilihan USB 1.0 dan sebuah parallel port adalah pilihan yang tepat.
Selain mempertimbangkan pilihan perangkat keras komputer, pilihan atas perangkat lunak khususnya sistem operasi juga mutlak diperlukan. Bila ingin menggunakan sistem operasi berbasis Windows, seperti Windows 98, Windows XP Home Edition, atau Windows XP Professional, pada dasarnya lebih aman karena komponen di pasaran hampir dipastikan serasi pasang dengan sistem operasi ini. Tetapi, bila ingin menggunakan sistem operasi Linux, harus mewaspadai tingkat serasi pasang khususnya pada modem, kartu grafis, dan kartu suara yang dipilih.
Bagi Anda yang ingin menggunakan komputer untuk keperluan dasar, pilihan konfigurasi Celeron 1,70 GHz atau sejenis dengan memori 128 MB DDR, HDD 30 GB, CD ROM Drive, kartu grafis terintegrasi, kartu suara terintegrasi dan USB 1.0 dan parallel port sudah tepat.
Untuk keperluan pendidikan/keluarga, sangat bijaksana bila menentukan pilihan Pentium 4 1,70 GHz atau sejenis dengan memori 256 MB DDR, HDD 30 GB, CD ROM Drive atau DVD ROM Drive, kartu grafis terintegrasi, kartu suara terintegrasi dan USB 2.0. Sedangkan menggunakan Pentium 4/2,53 GHz atau sejenis dengan memori 512 MB DDR, HDD 80 GB, CD R/W atau DVD R/W, kartu grafis 64 MB GeForce4 atau sejenis, kartu suara terintegrasi, dan USB 2.0 sangat sesuai bagi penggunaan fotografi digital.
Bagi yang banyak bekerja dengan musik dan video, pilihan yang tepat adalah Pentium 4/2,80 GHz atau sejenis dengan memori 512 MB DDR, HDD 120 GB, CD R/W atau DVD R/W, kartu grafis 64 MB GeForce4 atau sejenis, kartu suara Audigy2 atau sejenis dan USB 2.0. Sedangkan bagi yang pencinta game, pilihan yang sesuai adalah Pentium 4/2,80 GHz atau sejenis dengan memori RDRAM, HDD 80 GB, CD R/W atau DVD R/W, kartu grafis terbaru yang beredar di pasaran dengan memori 64 MB atau 128 MB, kartu suara terintegrasi dan USB 2.0.
Instalasi
Setelah Anda selesai merancang komputer yang akan Anda rakit, barulah Anda mulai membeli semua komponen yang telah Anda pilih dengan saksama. Bila semua komponen telah terpasang dengan baik, lakukanlah pemeriksaan ulang, khususnya koneksi kabel jangan sampai salah pasang, karena dapat berakibat terbakarnya komponen.
Bila semua sudah terpasang sempurna, tinggal melakukan langkah terakhir dari sebuah perakitan komputer, yaitu instalasi dan pengaturan (setting). Tujuan dilakukannya instalasi adalah agar komputer dapat bekerja optimum. Ada tiga instalasi penting yang harus dilakukan, yaitu instalasi driver yang tepat karena dengan melakukan instalasi driver yang tepat akan mendapatkan unjuk kerja maksimum dari komputer Anda.
Biasanya instalasi driver akan mengatur penggunaan harddisk, CD ROM Drive dan sejenisnya, kartu grafis, kartu suara, dan modem secara otomatis. Karena sifat plug and play dari komponen yang beredar saat ini, instalasi ini lebih mudah dilakukan tanpa keahlian khusus. Juga perlu dilakukan instalasi pada akselerator program aplikasi, instalasi ini akan memberikan kecepatan boot pada sistem secara keseluruhan dan memberikan akselerasi yang tepat pada aplikasi grafik, utilitas disk, dan disk I/O pada game. Instalasi terakhir yang harus dilakukan adalah instalasi sistem operasi.
Pengaturan biasanya dilakukan pada BIOS, karena pengaturan BIOS yang tepat akan melancarkan proses awal (start up) dari sebuah komputer. Yang perlu diperhatikan adalah melakukan pengaturan disable pada port-port yang tidak digunakan. Setelah instalasi dan pengaturan dilakukan dengan tepat, lakukanlah uji coba secara keseluruhan.
Bila tidak muncul pesan kesalahan di layar monitor, berarti Anda telah sukses dalam merakit komputer baru. Bila muncul pesan kesalahan, lakukan pemeriksaan secara teliti mulai dari pemasangan kabel, instalasi hingga pengaturan yang telah dilakukan. Ulangi terus hal ini hingga tidak muncul pesan kesalahan di layar.
Dengan merancang dan merakit sendiri sebuah komputer yang sesuai dengan keperluan Anda atau keluarga, maka Anda akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Meskipun dari segi kualitas produksi bisa saja lebih rendah bila dibandingkan dengan hasil rakitan pabrik, yang biasanya dilengkapi dengan burn-test dan quality control.

Menyambungkan ke Internet Rumah
Untuk menyambungkan ke Internet diperlukan sebuah MODEM untuk menkoneksikan komputer kita dgn kabel telepon kemudian ke ISP.
Cara Menggunakan, Setting, Menyambung Koneksi Internet Telkomnet Instan / Instant Dengan Sambungan Telepon Rumah PSTN Telkom

Telkomnet Instan adalah salah satu jenis layanan dari PT. Telkom Indonesia dalam hal koneksi sambungan internet. Telkomnet instan dapat digunakan oleh seluruh pengguna telepon telkom baik telepon tetap rumah maupun telepon nirkabel telkom flexi cdma. Kecepatan maksimum telkomnet instan adalah 56 kbps / kilo byte per detik.
Untuk menikmati layanan mudah, cepat dan hemat ini ada beberapa persyaratan yang musti anda penuhi terlebih dahulu, yaitu :
1. Komputer PC atau Laptop yang masih berfungsi dengan baik2. Modem dial up untuk jack kabel telepon biasa internal maupun eksternal. Jangan lupa dengan driver modem jika diperlukan.3. Kabel sambungan telepon telkom yang nomernya masih aktif4. Setting dasar untuk koneksi ke server telkomnet instan
Jika semua syarat telah bisa anda penuhi maka seting pada internet connection di control panel untuk konek ke telkomnet instan adalah sebagai berikut :
Nomor Akses : 0809 8 9999
User name : telkomnet@instan
Password : telkom
Setelah setting anda bisa konek ke internet dengan membuka kotak dialog internet connection lalu tekan tombol connect. Nanti otomatis komputer kita akan konek ke telkom dan jika berhasil maka akan ada tampilah perhitungan waktu koneksi dan tombol disconnect untuk memutus hubungan internet.
Tarif internet telkomnet instat normal adalah Rp. 165 per menit. Saat ini berlaku tarif khusus promosi Rp. 100 permenit di hari akhir pekan sabtu dan minggu karena pada hari tersebut resource koneksi telkom tidak banyak yang akses, sehingga telkom mencari cara untuk menjual bandwidth traffic yang tidak terpakai hingga akhir tahun 2006.
Untuk mengetahui apakah daerah wilayah sekitar anda sudah dapat menikmati telkomnet instant anda dapat menghubungi atau menelpon nomor 080989999 dari pesawat telepon anda. Jika ada bunyi modem / fax seperti bunyi cicitan tikus yang kesakitan maka berarti daerah anda sudah bisa menikmati akses internet mudah, capat, tapi koneksi belum tentu terjamin.
Untuk akses internet yang lebih cepat anda bisa menggunakan sambungan telkom speedy adsl yang lebih cepat dengan biaya bulanan bandwidth dibatasi. Artikel telkom speedy dapat anda cari di fitur search pada menu di sebelah kiri situs organisasi.org ini.
Tips :Pastikan anda memutuskan koneksi / disconnect dari sambungan internet dan mencabut kabel dari komputer pc atau laptop / notebook anda karena beberapa kasus pulsanya jalan terus sehingga mengakibatkan kerugian fatal bisa mencapai jutaan rupiah.